Tali-Lanyard-Penunjang-kerapihan-dan-professionalitas-karyawan

Tali Lanyard : Penunjang Kerapihan dan Professionalitas karyawan

Perusahaan dan instansi sekarang ini pada umumnya membutuhkan tali lanyard karyawan atau biasa kita kenal tali ID card. Sebagai penunjang kerapian dan profesionalitas perusahaan atau instansi tersebut. Karena mereka memiliki banyak karyawan yang memiliki ID card nya masing-masing.

Tali lanyard karyawan sendiri memiliki banyak ukuran dan macamnya. Umumnya tali lanyard digantungkan di leher untuk menggantungkan ID card. Tapi ada juga tali lanyard yang di gunakan di pergelangan tangan. Terutama dalam event atau seminar kadang ada yang memilih lanyard jenis ini.

Adapun untuk ukuran tali lanyard biasanya dari mulai 1 cm sampai 3 cm. Dengan panjang rat-rata adalah 90 cm. Tetapi semua tergantung dari penggunaan dan kebutuhan. Apalagi lanyard yang custom biasanya pelanggan yang menentukan pilihan.

Untuk ukuran lanyard sendiri sebenarnya tidak ada standar khusus atau patokan khusus. Hanya saja secara umum dan memang sudah biasa digunakan selama ini. Maka lama kelamaan seperti menjadi acuan. Mungkin bila bergeser ukurannya hanya beberapa mm saja, tidak jauh.

Ukuran Tali Lanyard Karyawan Berdasarkan Teknik Cetak

Yang jelas ukuran lanyard yang nyata harus sinkron dengan desain layout yang akan di cetak nanti. Karena bila bergeser sedikit saja bisa mengurangi hasil cetakan lanyard kita. Untuk ukuran lanyard bisa disesuaikan berdasarkan cara cetaknya yaitu :

  • Biasanya tali lanyard yang dicetak menggunakan teknik digital printing menggunakan ukuran yang bervariasi. Karena digital printing bisa dipadukan dengan ukuran berapapun bahkan dengan warna dasar yang berbeda-beda. Untuk ukurannya bisa menggunakan 1 cm -3 cm. Dengan panjang 90 cm, ini juga harus disinkronkan sejak awal dengan desain layoutnya.
  • Untuk ukuran tali lanyard yang dicetak dengan teknik sablon biasanya terbatas menggunakan ukuran 2 cm. Karena teknik sablon ini menggunakan cara yang manual. Sehingga sangat terbatas dari variasi ukurannya bahkan terbatas pula pemilihan warnanya. Makanya untuk ukuran lanyard yang digunakan pun umumnya hanya 2 cm dengan panjang 90cm.
  • Lanyard finishing atau biasanya disebut tali lanyard tanpa stoper ini juga hampir sama dengan digital printing ukuran yang digunakan biasanya 1,5 cm sampai 3 cm dengan panjang 90 cm. Lanyard jenis ini bila berbahan dasar kain tisu maka hasilnya akan tajem dan halus.

Ukuran Lanyard Berdasarkan Penggunaan

Itu ukuran tali lanyard yang biasa digunakan berdasarkan dari cara pemgerjaan dan cetak desainnya. Ternyata ukuran lanyard pun kadang dipengaruhi oleh tujuan pemakaian tali lanyard tersebut yaitu meliputi :

  • Bila tali lanyard tersebut murni digunakan hanya sebagai tali ID card. Baik digunakan untuk pegawai, karyawan maupun panitia. Biasanya memilih yang ukuran 2 cm dengan panjang 90 cm. Ini karena biar tidak terlalu kecil sehingga terlihat kurang profesional dan kurang cocok. Atau tidak terlalu besar yang justru mengganggu aktifitas saat bekerja.
  • Termasuk bila tali lanyard tersebut dipergunakan sebagai media promosi. Maka ukurannya tidak mengikat karena semua di sesuaikan dengan deaain, logo, dll. Tujuannya adalah memperlihatkan personal branding dari perusahaan, atau suatu jasa dan produk. Intinya ukurannya disesuaikan dengan desain dan terlihat jelas. Biasanya menggunakan ukuran 2 cm sudah cukup.
  • Yang terakhir bila tali lanyard ternyata untuk tujuan aksesoris maka akan menggunakan ukuran yang lebih besar. Karena beban yang dibawa bukan hanya ID card saja. Melainkan kadang untuk gantungan HP, dll yang lebih berat dari ID card. Maka ukuran yang biasa dipakai  adalah 3 cm dengan panjang 90 cm. Sehingga tali lanyard tersebut bisa membawa barang yang kita ikatkan di lanyard tersebut dengan kuat dan aman.

Itulah penentuan ukuran lanyard bila didasarkan dari tujuan pemakaiannya. Tetapi perlu kita ketahui ukuran tersebut bukanlah standar paten yang harus dilakukan. Melainkan hanya didasarkan pada umumnya yang selama ini sering dipilih dan disesuaikan.

Adapun kita memilih ukuran yang berbeda tidak masalah. Apalagi kita memilih pesan tali lanyard karyawan secara custom. Pastinya kita sendiri yang memilih warna, kita sendiri yang menentukan desain termasuk kita sendiri pula yang memilih ukuran lanyard yang akan digunakan.

Ada hal penting yang perlu diperhatikan terutama saat membuat tali lanyard karyawan. Yaitu proses desain dan cetak. Kedua proses ini merupakan hal yang paling sulit dalam pembuatan lanyard. Karena butuh ketelitian dan keahlian khusus.

Apalagi yang lanyard cetak secara sablon. Maka membutuhkan keahlian khusus menyablon desain dari kertas kalkir ke dalam tali lanyard. Karena pengerjaannya manual tanpa mesin maka perlu tambahan keahlian khusus di bidang sablon.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Desain Tali ID Card

Adapun kita melayani atau menerima pesanan lanyard custom. Maka secara umum kita perlu menguasai teknik desain. Dalam hal mendesain tali lanyard kita perlu memperhatikan beberapa hal berikut.

Yang pertama perlu diperhatikan adalah penentuan ukuran tali lanyard dengan deaain layout yang kita buat. Baik melalui adobe maupun melalui corel draw. Ukuran layout harus pas dengan ukuran tali lanyard yang di pilih agar desain yang kita cetak tidak sia-sia karena kesalahan ukuran dari awal.

Makanya tadi kita sudah membahas hal-hal yang mempengaruhi ukuran lanyard. Jadi sejak awal kita sudah tahu tali lanyard ukuran berapa yang akan dipilih. Bila sudah kita tinggal sinkronkan dengan layout desain yang kita buat.

Selain ukuran yang harus sinkron hal yang kudua kita perhatikan saat desain tali lanyar adalah konsep dari desain itu sendiri. Jadi sejak awal setelah kita memahami permintaan pelanggan maka langkah selanjutnya kita tentukan konsep desain yang akan kita buat.

Karena desain yang sejak awal sudah berkonsep akan lebih tertata dan lebih terarah. Sebab konsep sendiri menjadi dasar dari desain. Bisa menjadi titik fokus desain yang kita buat. Tidak ada istilahnya desain yang ngawur dan asal jadi.

Karena desain yang ngawur dan asal jadi jelas akan mengecewakan pelanggan kita. Dan yang terakhir kita perlu pelajari keseimbangan desain tersebut. Bila sudah berkonsep dan sudah tertuang ide desainnya. Maka hal terkhir adalah kita kontrol kesimbangan desainnya.

Kalau untuk anak desain seharusnya tahu yang namanya keseimbangan desain. Baik dari penataan logo dan font nya harus seusai tidak boleh bertabrakan. Dan juga tidak boleh terkesan penuh dan berantakan ini akan menjadi kurang menarik dan mengecewakan.

Termasuk pemilihan warnanya juga harus seimbang. Pemilihan warna di dalam desain, kombinasi warnanya harus seimbang jangan saling berlawanan. Yang akan menjadikan desain kita jelek. Dan sejak awal kita juga harusnya punya pandangan warna dasar kain yang akan digunakan.

Entah itu kita memilih warna hijau, putih, merah, dll semua itu di sinkronkan dengan desain yang kita buat. Bila desain sudah fiks jadi maka kita cek kembali apakah sudah pantas di cetak atau belum, apakah harus direvisi atau tidak.

Bila sudah yakin maka desain tersebut tinggal kita cetak di tali ID card. Dan jadilah tali ID card yang siap dipakai oleh pelanggan.

 

Demikian artikel ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Terimakasih.