bahan poliester

Bahan Poliester : Mengenal Lebih Dekat Bahan Poliester

Apa itu Poliester?

Bahan Poliester – Kami tahu bahan poliester adalah kain, dan itu memiliki kualitas tertentu, yang menjadikannya pilihan yang bagus untuk pakaian. Ada sedikit stigma dalam hal fashion, karena ini adalah kain buatan manusia, dan bukan pilihan alami seperti sutra, katun, atau wol. Tapi meski tidak natural, pasti ada poin positifnya kan?

Poliester adalah istilah umum untuk setiap kain atau tekstil, yang dibuat menggunakan benang atau serat poliester. Ini adalah nama singkat untuk sintetis, polimer buatan manusia, yang, sebagai bahan tertentu, paling sering disebut sebagai jenis yang disebut polietilen tereftalat (PET). Itu dibuat dengan mencampur etilen glikol dan asam tereftalat. Itu semua terdengar sangat ilmiah, tetapi pada dasarnya, poliester adalah sejenis plastik.

Apa sajakah ciri-ciri bahan poliester?

1. Ini adalah kain yang populer di industri fashion, karena tahan terhadap penyusutan dan peregangan. Ini juga tahan terhadap kerutan dan lecet
2. Polyester sangat tahan lama dan tahan terhadap banyak bahan kimia
3. Serat mudah diwarnai
4. Serat yang digunakan untuk membuat Poliester sangat kuat namun ringan
5. Ini adalah kain yang cepat kering, jadi pilihan populer untuk pakaian luar ruangan
6. Ini mempertahankan bentuknya dengan sangat baik
7. Kain poliester mudah dirawat dan dapat dicuci dan dikeringkan di rumah

Poliester, sebagai serat sintetis, adalah pilihan yang lebih murah dan memiliki banyak manfaat yang tidak dimiliki kapas. Ini memiliki serat kuat yang tidak cepat aus, sekaligus fleksibel dan tahan terhadap kerutan dan penyusutan. Tidak seperti kapas, poliester cepat kering sehingga cocok untuk cuaca dingin dan olahraga di mana Anda tidak ingin kain lembab menempel di kulit Anda.

Bahan Poliester sangat populer di kalangan atlet karena sifatnya yang menyerap kelembapan, serat yang kuat, dan rasa yang ringan. Untuk printer panas, berhati-hatilah saat mendekorasi poliester adalah suatu keharusan. Biasanya peka terhadap suhu, sehingga perpindahan panas suhu rendah seperti Elasti Prints diperlukan untuk mengurangi atau mencegah hangus.

Keuntungan dari Poliester
1. Kuat
2. Fleksibel
3. Cepat kering
4. Menolak keriput dan menyusut
5. Murah

Kekurangan Poliester
1. Cenderung menempel pada kulit yang berkeringat
2. Tidak bernapas
3. Suhu sensitif
4. Tunduk pada migrasi pewarna

5 alasan untuk menyukai bahan poliester

 

1. Poliester memiliki Sifat Unik

Sama seperti bahan alami, ada juga perbedaan kualitas dalam spektrum sintetis. Ini tidak ada hubungannya dengan materi itu sendiri, melainkan dengan pemrosesan dan implementasinya. Namun, poliester memiliki beberapa sifat unik yang memastikan siklus hidup pakaian Anda lebih lama. Polyester dikenal dengan kekuatan tarik tinggi dan ketahanan abrasi. Pakaian yang dibuat dari poliester kurang sensitif terhadap kerutan dan hampir tidak kehilangan warna. Karena tahan luntur warna, teknik cetak terbaru dapat diterapkan pada pakaian poliester – menciptakan warna yang intens – sangat tahan terhadap pengaruh eksternal (bayangkan sinar matahari, pencucian dan penyetrikaan). Poliester sering digunakan dalam kombinasi dengan bahan alami seperti katun dan linen untuk retensi optimal dari fit dan warna.

2. Mudah perawatan

Fakta bahwa poliester terbuat dari serat yang kuat, menjadikannya bahan yang tahan lama dan mempertahankan warna dan bentuk. Tidak seperti bahan sintetis lainnya, polyester memiliki ketahanan panas yang lebih baik. Jadi bila perlu bisa dicuci dengan suhu maksimal 40 derajat. Poliester mengering dengan cepat dan sering, bahkan tidak perlu disetrika karena sifatnya yang perawatannya rendah.

3. Sangat Nyaman Digunakan

Karena sifatnya, Bahan Poliester adalah kain yang paling umum digunakan dalam pakaian olahraga. Khususnya dalam kombinasi dengan elastane untuk menambah peregangan ekstra, poliester memastikan sangat nyaman dan pas di kulit. Lupakan citra poliester yang berkeringat, karena faktanya kain ini tidak menyerap kelembapan yang merupakan salah satu keuntungan terbesar! Poliester menghilangkan kelembapan dan menguap tanpa meninggalkan noda. Hasil? Anda dan pakaian Anda tetap segar untuk waktu yang lebih lama. Plus, karena seratnya yang kuat dan anti kerut, pakaian Anda tetap bugar sepanjang hari.

4. Sustainable

Meskipun proses produksi Bahan Poliester tidak lebih ramah lingkungan daripada misalnya katun, linen atau wol, penggunaannya jauh lebih berkelanjutan! Poliester dapat dicuci pada suhu rendah, seringkali tidak perlu menyetrika dan pakaian memiliki siklus hidup yang lebih lama. Polyester adalah salah satu dari sedikit bahan yang sepenuhnya dapat didaur ulang dan semakin banyak merek – seperti Norma Kamali - memilih untuk menerapkan kain ke dalam koleksi mereka. Poliester bahkan dapat didaur ulang beberapa kali tanpa kehilangan kualitasnya – pembuka mata sejati bagi industri mode, yang menambah popularitas poliester dan menjadikannya bahan masa depan.

5. Sangat Serbaguna

Poliester adalah serat buatan yang paling serbaguna dan oleh karena itu memiliki banyak kemungkinan untuk digunakan. Itu muncul dalam semua jenis variasi rajutan dan tenun. Tergantung pada kehalusan serat, konstruksi dan finishing kain, tampilannya dapat bervariasi dari matt hingga mengkilap, lembut, wol, halus, kasar, kenyal, dan kaku. Ini memberi tahu kita bahwa penampilan kain tidak ditentukan oleh bahan bakunya, tetapi lebih pada cara bahan mentah itu diproses. Polyester adalah – tidak seperti linen misalnya – kain serba guna yang dapat dikembangkan sesuai keinginan kita, membuat desain yang paling unik menjadi lebih indah.

Itulah tadi artikel mengenai poliester, kami jasacetakmurah menggunakan bahan terbaik tissue poliester premium white grade AA untuk menghasilkan lanyard berkualitas. Salah satu fungsinya adalah sebagai media promosi produk atau merek juga event. anda dapat membacanya di sini.

Semoga bermanfaat…